Pages

Minggu, 24 Desember 2017

Menjadi karyawan lagi

Empat belas april dua ribu lima belas. Adalah hari pertama saya kembali berkerja di PT. Rekayasa Industri. Awal kisah saya berkerja di perusahaan ini bisa dibaca di new employee at PT. Rekayasa Industri. Beginilah siklus kehidupan sebagai pekerja project. Setelah saya beristirahat selama kurang lebih dua bulan, saya diajak bergabung kembali dalam tim keuangan di project yang baru, namanya "Sumpal Compression Project" dengan pekerjaan membangun compressor di plant gas milik Conocophillips Indonesia. Lokasi ini terletak di Dusun III Tampang Baru kabupaten Musi Banyuasin propinsi Sumatera Selatan. Di Sumpal plant ini, selain membangun compressor , kami juga membangun fasilitas berupa kantor, kamar, meeting room, dan beberapa fasilitas lainnya untuk karyawan Conocophillips Indonesia. Kenyamanan adalah salah satu hal penting disini, tinggal ditempat dimana signal telepon lebih sering hilang dari pada timbul sehingga untuk berkomunikasi dengan dunia luar kami mengandalkan jaringan internet yang sudah disediakan oleh perusahaan.

Cukup sudah mendeskripsikan tentang project sumpal. Mari kita memasuki babak dimana perjalanan mengenai kehidupan baru berlanjut. Berbeda dengan project sebelumnya, di sumpal project ini mess
transit untuk pegawainya tidak hanya ada di kota Palembang. Jambi menjadi kota yang juga digunakan karyawan sebagai tempat transit sebelum menuju ke site atau setelah pulang dari site. Mengapa Jambi? Karena akses dari site area menuju ke bandara jambi lebih dekat dibandingkan dengan menuju bandara Palembang. Kondisi jalan menuju kota Jambi juga lebih baik dibandingkan dengan jalanan menuju kota Palembang. Kondisi jalan seperti ini meningkatkan jumlah kecelakaan lalu lintas sehingga seringkali menambah waktu tempuh menuju kota Palembang. Maka dari itu sayapun akhirnya positif menjadi warga jambi untuk beberapa waktu ke depan. Untuk tim keuangan itu sendiri dari awal project sudah ikut mempersiapkan beberapa hal. Melakukan pekerjaan yang bukan tugasnya karena pada tahap ini masih dalam proses perekrutan pegawai untuk masing - masing divisi. Sibuk pastinya tapi bahagia dan selalu bersyukur atas rahmat yang telah diberikal oleh Allah SWT. Ketika camp di site sumpal sudah siap untuk ditempati, barulah saya berserta tim keuangan lainnya meninggalkan kota menuju remote area. Sesekali kami pergi ke Jambi apabila ada transaksi financial.

Selain bertemu rekan kerja dari project terdahulu, saya juga mengenal banyak orang baru. Beruntungnya lagi, di project sumpal cukup banyak karyawan wanitanya yang cukup se-ide dengan saya, sehingga hari - hari yang saya lalui makin lengkap bahagianya. Sedih, senang, marah, tertawa, kami lalui bersama. Salah satu perubahan yang cukup drastis bagi diri saya setelah  mengenal mereka adalah saya menjadi suka memakai lipstik yang selama ini saya merasa tidak nyaman ketika memakainya. Tapi tetap saja lipstik yang saya pakai adalah lipstik yang warnanya soft yang sesuai dengan kulit saya.


 
Saya mengerjakan beberapa hal baru di project ini. Tanggung jawab saya juga bertambah dikarenakan saya diberi kepercayaan untuk menduduki posisi yang lebih dari pada posisi saya di porject terdahulu. Alhamdulillah atasan dan rekan kerja saya selalu memberi support dan kepercayaan penuh sehingga saya bisa bertanggung jawab untuk berkerja dengan baik. Nobody's perfect! Mau mengakui kesalahan dan berusaha sungguh-sungguh untuk memperbaiki serta tidak mengulanginya adalah hal terbaik. Terkadang saya bingung ketika bertemu dengan manusia yang tidak mau mengakui kesalahannya sendiri, padahal dia sadar bahwa dirinya salah. Karena ketika kita tidak mau mengakui kesalahan, maka jalan untuk memperbaiki diri akan tertutup. IMHO :)








Saat ini sudah 2 tahun 8 bulan saya berada di project sumpal. Project yang kami kerjakan sudah selesai, sekarang waktunya membereskan semua administrasi. Ada awal juga ada akhir. Saya kembali ke masa dimana rekan kerja yang tersisa hanyalah orang-orang yang ada di awal project. Sedangkan rekan kerja lainnya sebagian besar dari mereka sudah pindah ke porject lain di perusahaan yang sama atau di perusahaan lain, ada juga yang memilih menjadi ibu rumah tangga. Sedih memang ketika harus berpisah dengan orang yang sudah biasa kita lihat dan berinteraksi dengan kita setiap hari. Schedule 20 hari kerja dan 10 hari libur membuat rekan kerja di site area adalah orang yang lebih sering bertemu dan berinteraksi langsung dengan saya daripada dengan keluarga di rumah. Tidak hanya berpisah dengan satu orang, tetapi banyak orang. Terutama ketika berpisah dengan teman-teman sekamar. Banyak sekali hal yang pernah kami lakukan yang sekarang menjadi kenangan. Tidak jarang saya spontan tersenyum ketika kenangan itu melintas di benak saya. Untungnya saya hidup di era yang sudah canggih dimana jarak bukan masalah untuk tetap berkomunikasi satu sama lain. Saya juga masih bertemu dengan teman-teman saya ketika saya mengunjungi daerah dimana mereka tinggal saat sedang melakukan perjalanan dinas ataupun dalam perjalanan pribadi. Selain koleksi foto di beberapa device pribadi, bila rindu hadir tak jarang dari kami membuka video yang dibuat pada bulan puasa tahun 2016 oleh rekan kerja saya yang bisa dilihat di rekind eid mubarak 2016 .

Sekarang project ini sudah memasuki masa warranty hinggal bulai mei 2018 nanti. Semoga semua hal berjalan lancar. Satu cerita kembali terukir dalam kehidupan saya. Baik, buruk, sedih, senang, tangis, tawa yang begitu saya syukuri adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar