Pages

Sabtu, 14 Juli 2018

Potato Schotel

Yass! Hari ini adalah hari produktif dalam kegiatan masak memasak. Setelah pagi tadi saya mencoba membuat pancake, sore ini saya membuat makanan untuk cemilan di sore hari. Hehe, sepertinya potato schotel cukup berat ya kalau disebut sebagai cemilan. Tapi apalah daya perut warga Indonesia ini dimana belum kenyang kalau belum terisi nasi ^^

Biasanya saya selalu puas dengan hasil coba2 masak memasak, tapi sore ini saya sangaaatttttt puas dengan hasil masakan saya. Rasa masakan kali ini super duper ngeju (keju banget)! Lagi2 lebih dari ekspektasi saya. Alhamdulillah. Kalian juga mau coba? Baiklah, saya akan berbagi resep yang dasarnya saya ambil dari berbagai sumber, tapi pada akhirnya saya memilih sendiri bahan apa saja yang saya gunakan, begitu juga untuk cara memasaknya.

Bahan:

Bahan A : 
300 gr kentang (kukus)
1 butir kuning telur
50 gr keju (parut)
garam, lada secukupnya




Bahan B :
1/2 bawang bombay ukuran sedang (iris memanjang)
2 siung bawang putih (geprek lalu iris2)
150 gr daging dada ayam (potong dadu)
1 bh wortel (potong dadu)
100 ml susu cair (saya pakai ultra)
50 gr keju (parut)
2 sdm margarin/ butter
1/4 sdt pala bubuk
garam, lada, gula secukupnya

Bahan C (untuk taburan) :
Keju parut
Oregano secukupnya (jika ada saja)

Setelah bahan sudah disiapkan semua, panaskan oven




Cara membuat:

Kentang yang sudah dikukus, kupas kulitnya dan dilumat selagi hangat
Masukkan keju, garam dan lada secukupnya, aduk hingga rata sambil koreksi rasa
Masukkan kuning telur

Siapkan pinggan tahan panas, olesi dengan margarin/ butter tipis
isi 2/3 adonan kentang ke dalam pinggan, sisihkan

Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan margarin/ butter
Masukkan daging ayam hingga berubah warna (matang)
Masukkan wortel, pala, garam, lada, dan gula, aduk sambil koreksi rasa
Masukkan susu dan keju. Sebaiknya saat memasukkan susu dan keju, set api kecil saja
Setelah tercampur rata, besarkan kembali api dan aduk hingga mengental 

Tuang seluruh hasil tumisan ke pinggan, ke atas lapisan kentang
1/3 sisa adonan kentang tadi dituang ke pinggan, menutupi tumisan tadi
Setelah rata, tabur keju dan oregano

Panggang di suhu 170℃ selama 30 menit, lalu pindah ke api atas selama 5 menit

*untuk 4 porsi

hasil akhir

Selamat mencoba ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar